Analisis Web

Posted by Unknown Minggu, 10 November 2013 0 komentar
1.Textual Content (Isi tekstual)
Isi dari web yahoo tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan user yaitu sebagai tempat email(surat elektronik) . Selain sebagai surat elektronik yahoo menyediakan Penyajian informasi sudah jelas dan lengkap dengan berita yang terupdate dari berita nasional hingga internasional dalam berbagi bidang politik, olahraga, bisnis dan keuangan, pengetahuan, dll. Memudahkan user dalam memperoleh informasi yang akurat sesuai dengan keinginan user. Berita-berita yang disajikan oleh web yahoo selalu ter-up-date. Hal ini juga dapat dilihat dari terteranya hari, tanggal, bulan, tahun, dan jam pada masing-masing berita yang disajikan.

2.Graphic Design
Pemilihan grafis di interface Yahoo tergolong bagus, karena tersusun rapi secara sistematis. Sedangkan pemilihan warna tergolong cukup baik, karena perpindahan warna yang soft sehingga tidak terlihat kontras dipandang oleh user. Pada bagian sign in dan mail menurut saya tidak berwarna cerah dan masih terlalu kecil, mungkin bagi user yang baru membuka web ini bisa mengira bahwa ini seperti web yang hanya memuat berita.
Yahoo! Menampilkan semua fiturnya dalam halaman mukanya, sehingga orang menjadi bingung. Saat searching menggunakan Yahoo, seringkali apa yang kita cari tidak ditemukan pada halaman awal hasil pencarian


3.Navigation (Navigasi)
Di Yahoo, sistem navigasinya tergolong cukup mudah, karena selain interfacenya yang jarang diubah secara signifikan, Yahoo juga menawarkan berbagai pilihan bahasa yang digunakan oleh user, dan bahasa defaultnya pun menggunakan bahasa Inggris, yang merupakan bahasa internasional saat ini. Saat searching menggunakan Yahoo, seringkali apa yang kita cari tidak ditemukan pada halaman awal hasil pencarian.

4.Structure (Struktur web)
Website jika dianalogikan seolah seperti sebuah bangunan yang memiliki penataan dan struktur. Ada yang berstruktur sederhana dan ada juga yang terbilang rumit. Struktur di sini terbagi mulai dari tata letak dan pengkategorian serta labelisasi tulisan. Sifatnya yang serupa bangunan membuatnya dapat direnovasi sesuka hati pemilik. Mulai dari tata letak, eksterior-interior (tekstur dan warna) hingga bahan bangunan (html, php, java, dll) dapat ditentukansemau pemilik. Secara umum struktur tersebut dapat dilihat seperti gambar di bawah ini:

Keterangan gambar:
Pada angka 1 disebut sebagai header atau kepala halaman. Kepala halaman umumnya terdiri dari logo, nama situs dan slogan atau deskripsi situs. Namun beberapa pengelolanya mengembangkannya dengan mengisi keterangan waktu seperti jam atau tanggal. Dan ada juga yang menambahkan banner iklan dan kotak pencarian. Logo sendiri bisa diganti dengan gambar sebagai latar belakang atau gambar biasa yang panjangnya disesuaikan dengan badan web.
Pada angka 2 disebut menu/halaman/navigasi. Menu ini biasanya terdiri dari informasi umum seputar website tersebut seperti “Tentang”, “Galeri”, “Kontak” dan sebagainya. Namun belakangan menu tersebut ditambahkan dengan tautan yang mengarah ke laman tertentu. Karena pada bagian ini tidak selalu berisi menu, belakangan disebut sebagai navigasi. Menu ini juga dapat ditambahkan cabangnya yang disebut menu anak sampai menu cucu hingga generasi cabang yang tak terhingga.
Pada angka 3 disebut sebagai main body atau badan utama. Isinya umumnya berupa tulisan yang juga berisikan gambar dan video. Tulisan tersebut juga terkadang berisikan keterangan terkait penulis, tanggal, kategori dan label.
Pada angka 4 disebut sidebar atau bilah. Merupakan bagian website yang dapat berisikan konten apapun seperti navigasi tautan yang mengarahkan ke laman lain, kata kunci, gambar, videoflash, mp3 player, kalender, banner iklan, iklan baris dan sebagainya.
Pada angka 5 disebut footer atau kaki halaman. Umumnya berisikan keterangan situs seperti nama situs dan slogan, dan biasanya berisi keterangan hak cipta (Copyright ©) dan tahunnya. Ada juga yang menambahkan informasi kontak dan alamat kantor. Berisi juga navigasi tambahan ke menu khusus seperti Syarat dan Ketentuan.





5.Links (Penghubung kehalaman  lain)
Yahoo memiliki link-link yang merujuk ke halaman web lain berkenaan dengan topik yang sama dengan yang disajikan. Links ini juga bisa menguntungkan bagi sebuah website lain seperti Facebook atau Twitter dan juga sebagai si pemasang iklan. Hal ini menyebabkan pembaca merasa senang karena dapat memilih web yang memiliki topik yang diinginkan.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Analisis Web
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://novel-ibrahimm.blogspot.com/2013/11/analisis-web.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by Berita Update - Trik SEO Terbaru. Original design by Bamz | Copyright of Novel Ibrahim.